SalesAt PT Mirae Asset Sekuritas
Rio Juli Nugroho, SE
Email : rio.nugroho@miraeasset.co.id
Mobile : +62852 1879 7877
Chat WhatsApp

Tips & Trick Menyikapi Sentimen Trading Saham

Posted On Minggu, Januari 28


Kualitas Perilaku pada manajemen Perusahaan


Bacalah laporan keuangan emiten/perusahaan tahun2 sebelumnya, apakah laporan yg disusun manajemen tercapai atau sebaliknya. Gejolak pergantian manajemen tanpa alasan kuat, juga memberi sinyal kepada investor untuk menyimpan saham tsb. Manajemen adalah jatung yang menjalankan perusahaan seperti yang diharapkan oleh para investor.

Kekuatan Modal dan Keuangan Perusahaan

Seringlah membuka situs atau web yang menyediakan informasi tentang Profil Perusahaan (contoh www.idx.co.id). Untuk melihat isi dari sebuah perusahaan selama beberapa tahun terahir, biasanya 3-5 tahun terahir. Mulailah membaca laporan arus kas (apakah pertumbuhan laba stabil selama waktu itu 3-5 tahun) dengan memperhatikan pertumbuhan laba perusahaan tersebut dari tahun ke tahun dan perhatikan proporsi hutang  perusahaan (lebih detainya melihat catatan kaki apakah hutang jangka panjang/ pendek dan menggunakan bunya tetap atau sebaliknya.) bandingkanlah laporan antara laporan yg dipublikasi di public dengan yang dilaporkan ke otoritas bursa, untuk mengecek transparansi perusahaan.

Kondisi Kesehatan Industri
Kondisi industry yang sedang bagus akan memberikan kembalian yang bagus, sebaliknya apabila kondisi yang sedang buruk akan memberikan kembalian yang buruk pula.

Misal dalam kondisi menjelang lebaran/hari raya perusahaan berbasis consumer goods akan terapresiasi karena kebutuhan menjelang lebaran. (contoh saham consumer goods UNVR,INDF dan Perusahaan yg berbasis perternakan CPIN)

Sebagai gamabaran kebutuhan energi dunia akan terus meningkat sementara kebutuhan energi yang tidak dapat diperbaharui jumlahnya semakin terbatas  (contoh saham ADRO, MEDC, INCO, PGAS) contoh kecil apabila harga batu bara atau minyak dunia naik maka saham yg berhubungan dengan minyak dan batubara akan mengikuti kenaikannya ,begitupula sebaliknya.

Kondisi Kesehatan Ekonomi Nasional, Regional dan Global.

Meski kondisi perusahaan dinilai dalam kondisi relatif baik. Tetapi kondisi nasional atau global sedang krisis bisa menjadi sebuah keputusan untuk menunda keputusan investasi untuk menunggu saat yang tepat ketika kondisi ekonomi sudah mulai membaik dan beranjak pulih.

Seperti contoh krisis global di tahun 2008 , yang menyebabkan harga saham jatuh berguguran, tidak lain karena imbas dari krisis yang terjadi di AS sana.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PT. MIRAE ASSET SEKURITAS OE FATMAWATI

Jl. RS. Fatmawati Raya No.1, Jakarta Selatan
+62852 1879 7877
Senin - Jumat (08.00 - 16.00)
© analisaku.com All Rights Reserved