SalesAt PT Mirae Asset Sekuritas
Rio Juli Nugroho, SE
Email : rio.nugroho@miraeasset.co.id
Mobile : +62852 1879 7877
Chat WhatsApp

5 Tips menghindar dari resiko investasi saham bagi pemula

Posted On Minggu, Agustus 5

5 Tips menghindar dari resiko investasi saham bagi pemula


Investasi selalu terkait dengan adanya resiko. Berinvestasi di Pasar Modal memiliki resiko tertentu dan resiko ini lebih besar dibandingkan berinvestasi di asset yang memiliki resiko lebih rendah atau yang mendekati nol, seperti tabungan deposito berjangka dan SBI/SBPU. Mengingat resiko yang harus ditanggung oleh seorang investor yang akan menanamkan dananya di Pasar Modal.

Berikut Tips-tips untuk meminimalisir resiko investasi anda :

A. Jangan membeli suatu produk investasi yang tidak dimengerti betul. Untuk itu galilah berbagai sumber informasi dan pelajari terlebih dahulu. ( seperti : buku referensi, majalah/buletin bisnis dan keuangan hasil riset dari lembaga keuangan atau konsultasi dengan seorang Penasihat Investasi.)

B. Jika Anda sudah memilih produk misalnya saham, dan kemudian harus menentukan perusahaan mana yang akan menjadi sasaran investasi Anda, maka anda harus melakukan analisis fundamental dan kinerja perusahaannya. Untuk data data perusahaan yg sudah IPO anda dapat mengunduh dengan mudah di bursa efek indonesisa website ww.idx.co.id . Investasi pada perusahaan yang tidak memiliki informasi yang dipublikasikan sebelumnya mengandung resiko yang lebih besar.

C. Perusahaan sasaran investasi Anda mungkin melakukan corporate action (right issue,stock split,reverse stock dan lain lain) yang dapat berpengaruh terhadap kepemilikan saham anda di perusahaan tersebut ataupun hal yang lain . Untuk itu Anda harus memiliki perhatian penuh pada berita-berita informasi ataupun pengumuman mengenai kemungkinan tersebut.

D. Kondisi Bursa Efek pada umumnya dan setiap saham pada khususnya memiliki kecenderungan (trend naik & turun) harga dan volume penjualan yang menggambarkan saat terbaik untuk melakukan jual ataupun beli. Analisa yang dikenal sebagai “analisa teknikal”  perlu dipelajari untuk menentukan entri /keputusan jual ataupun beli pada waktu yang tepat, atau anda dapatkan informasi dari analis ataupu dari sumber yg terpercaya.

E. Pada skala makro, kinerja investasi di Bursa Efek sangat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian, stabilitas politik, dan kinerja Bursa Efek lain. Selain itu, keadaan di Bursapun sangat sensitive dengan berbagai hal subyektif (rumours). Anda harus mengikuti berita-berita semacam ini yang tentunya dapat mempengaruhi nilai investasi Anda.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PT. MIRAE ASSET SEKURITAS OE FATMAWATI

Jl. RS. Fatmawati Raya No.1, Jakarta Selatan
+62852 1879 7877
Senin - Jumat (08.00 - 16.00)
© analisaku.com All Rights Reserved