SalesAt PT Mirae Asset Sekuritas
Rio Juli Nugroho, SE
Email : rio.nugroho@miraeasset.co.id
Mobile : +62852 1879 7877
Chat WhatsApp

Belajar Reksadana? apaitu Reksadana?

Posted On Minggu, Mei 6


Belajar Reksadana? apaitu Reksadana?


Menurut pada Undang-Undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27): “Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.”


  • Sistem Kerja Reksa dana
Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana atau modal yang asalnya dari investor, dan diinvestasikan dalam bentuk portofolio investasi. Kewenangan menginvestasikan modal tersebut ke dalam bentuk portofolio dilakukan oleh perusahaan perantara yang disebut Manajer Investasi.

Manajer Investasi di sini bertugas untuk melakukan pengelolaan terhadap modal yang telah dihimpun dari para investor, kemudian menempatkannya pada surat berharga seperti saham, obligasi, pasar uang dan lain sebagainya.

  • Bagaimana tolak ukur untuk memantau hasil dari suatu reksa dana?

"NAB (Nilai Aktiva Bersih) merupakan salah satu tolak ukur dalam memantau hasil dari suatu Reksa Dana, NAB adalah nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih Reksa Dana setiap harinya. Produk Reksadana dijual dalam satuan unit, Reksadana memungkinkan investor membeli dalam jumlah unit, maupun dalam Rupiah yang dikonversi dalam unit. 

NAB per saham/unit penyertaan (NAB/UP) adalah harga wajar dari portofolio suatu Reksadana setelah dikurangi biaya operasional kemudian dibagi jumlah saham/unit penyertaan yang telah beredar (dimiliki investor) pada saat tersebut. Nilai ini berubah-ubah setiap harinya dan dipengaruhi oleh transaksi pembelian dan penjualan Reksa Dana oleh para investor, harga pasar dari aset Reksa Dana dan perubahan dana kelolaan.

  • Contoh :

Pada tanggal 2 april 2017, Anda membeli Reksadana A sebesar Rp. 5.000.000. NAB/unit

Reksadana A pada hari itu adalah Rp. 2.000 Maka unit penyertaan yang Anda miliki adalah 5.000.000/2.000 = 2.500 unit penyertaan.

Pada tanggal 3 April 2018, Anda menjual seluruh Reksadana A.  NAB/unit Reksadana A pada hari
itu adalah Rp 3.000. Maka total investasi yang Anda dapatkan adalah 3.000 x 2.500 = Rp.7.500.000

Berapa keuntungan investasi di Reksadana ? Nilai investasi naik dari awal 5 juta menjadi 7.5 juta sehingga return adalah 50%.

Jenis-jenis Reksadana

1. Reksadana saham adalah reksadana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat ekuitas (saham). Efek saham umumnya memberikan potensi hasil yang lebih tinggi berupa capital gain melalui pertumbuhan harga-harga saham dan deviden. Reksadana saham memberikan potensi pertumbuhan nilai investasi yang paling besar demikian juga dengan risikonnya.

2. Reksadana campuran adalah reksadana yang melakukan investasi dalam efek ekuitas dan efek hutang yang perbandingannya tidak termasuk dalam kategori reksadana pendapatan tetap dan reksadana saham. Potensi hasil dan risiko reksadana campuran secara teoretis dapat lebih besar dari reksadana pendapatan tetap namun lebih kecil dari reksadana saham

3. Reksadana Pendapatan Tetap adalah reksadana yang malakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat hutang. Risiko investasi yang lebih tinggi dari reksadana pasar uang membuat nilai return bagi reksadana jenis ini juga lebih tinggi tetapi tetap lebih rendah daripada reksadana campuran atau saham.

4. Reksadana pasar uang adalah reksadana yang melakukan investasi 80% pada efek pasar uang yaitu efek hutang yang berjangka kurang dari satu tahun, seperti SBI, deposito. Reksadana pasar uang merupakan reksadana yang memiliki risiko terendah namun juga memberikan return yang terbatas.

Manfaat dan Kelebihan Reksadana

Dikelola oleh manajemen profesional, Pengelolaan portofolio suatu Reksa Dana dilaksanakan oleh Manajer Investasi yang memang mengkhususkan keahliannya dalam hal pengelolaan dana. Peran Manajer Investasi sangat penting mengingat Pemodal individu pada umumnya mempunyai keterbatasan waktu, sehingga dengan adanya bantuan Manajer Investasi yang mengelola modal secara profesional, investor juga tidak perlu pusing-pusing menyusun strategi dalam berinvestasi.

Pengelolaan yang transparan, Anda juga tidak perlu khawatir karena pengelolaannya pun transparan. Seluruh investor bisa memonitor perkembangan modalnya setiap hari lewat situs penyedia reksadana.
Biaya Rendah, Karena reksadana merupakan kumpulan dana dari banyak pemodal dan kemudian dikelola secara profesional, maka sejalan dengan besarnya kemampuan untuk melakukan investasi tersebut akan menghasilkan pula efisiensi biaya transaksi. Biaya transaksi akan menjadi lebih rendah dibandingkan apabila Investor individu melakukan transaksi sendiri di bursa.

Apa itu NAVI Mirae Asset Sekuritas?

NAVI, SAHABAT TERBAIK UNTUK INVESTASI !!! NAVI adalah rebranding dari Maxfund, platform untuk layanan investasi reksadana yang dapat dilakukan secara online bagi nasabah PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Inovasi yang ada pada NAVI tidak hanya dalam nama saja, melainkan dengan hadirnya berbagai fitur yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola investasi di tengah situasi yang penuh ketidakpastian... Feature unggulan yang tersedia dalam NAVI yaitu RDN yang terintegrasi dengan rekening saham, Autoinvest yang membantu Anda semakin disiplin berinvestasi untuk tiba di tujuan finansial Anda. Selain itu Anda dapat membandingkan beberapa jenis produk dari Manajer Investasi yang berbeda. Dan masih banyak kemudahan lainnya yang dapat Anda temukan di NAVI, sahabat terbaik untuk investasi...! Download aplikasi NAVI di playstore atau appstore Anda, daftarkan diri, dan mari berinvestasi bersama #LangkahPastiNAVI

Silakan klik Tombol TUTORIAL DAFTAR untuk mendapatkan panduan yang lebih detail mengenai Mirae Asset Sekuritas dan Tata cara daftar online di Mirae Asset Sekuritas.


Feature Online Trading Unggulan Di Mirae Asset Sekuritas "Klik disini"
Kelebihan Mirae Asset Sekuritas dibanding sekuritas lain "Klik disini"
Biaya Fee Transaksi Mirae Asset Sekuritas "Klik disini"
Jenis Rekening Mirae Asset Sekuritas "Klik disini"

Baca juga :  Belajar Cepat Teknikal Analysis, Support Resisten, Indikator Dan Trend Line-KLIK DISINI


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PT. MIRAE ASSET SEKURITAS OE FATMAWATI

Jl. RS. Fatmawati Raya No.1, Jakarta Selatan
+62852 1879 7877
Senin - Jumat (08.00 - 16.00)
© analisaku.com All Rights Reserved