Friday, January 12, 2018

Tagged under: , ,

A. Mengenal Bursa Saham

Pernahkah kalian mendengar Warren Buffett ini merupakan orang terkaya ketiga yang mendunia, dengan total kekayaan mencapai US$ 72 miliar. Tahun 1962 Warren mulai berbisnis dan membeli saham Berkshire Hathway dengan total biaya perlembarnya yaitu USD 7,50. Warren ini sangat terkenal dengan berbagai sektor di pasar modal untuk perusaahan Berkshire. Saham Warren sangat mahal mencapai USD 200.000 perlembar di bulan agustus 2014. Investasi yang digeluti oleh Warren ini diberbagai sektor, termasuk asuransi, energi dan kereta.

salah satu investor tanah air sukses dan kaya raya yang namanya sangat dikenal oleh dunia pasar modal Indonesia yaitu Le Kheng Hong. Tadinya dia berprofesi sebagai pegawai bank yang hanya memiliki gaji pas-pasan 27 tahun yang lalu. Kini dia sudah menjadi miliader dengan menginvestasikan uang seadanya untuk bermain saham. Saat ini dia memiliki aset saham senilai lebih dari Rp 2,5 triliun.
Le Kheng Hong juga nggak termasuk dari jajaran keluarga terkaya ditanah air ini. Namun karena kegigihannya dalam belajar tentang bagaimana pergerakan investasi saham, sehingga membuatnya yakin untuk menginvestasikan sebagian uangnya untuk melakukan saham. Dan dia juga berani mengambil keputusan untuk resign dari kerjaannya.
Saham merupakan salah satu dari sekian banyak pilihan investasi. Investasi saham semakin diminati oleh semua kalangan, bahkan telah merambah mahasiswa sampai ibu-ibu rumah tangga. Sosialisasi dan akses yang semakin mudah, menjadi sarana bagi siapa saja untuk bisa turut main saham, dimana saja.
Karena keamanan dan effisien menjadikan saham sebagai intrumen paling atraktif setelah deposito, obligasi, property atau emas. Karena jumlah masyarakat investor setiap tahun yang semakin brtumbuh dan  bertambah.
Setiap negara memiliki bursa saham sendiri. Misalnya bursa saham Bursa Efek Wall Street Amerika, Nikkei Jepang, Hangseng Hongkong dan Bursa Efek Indonesia (bursa efek yang berada di Indonesia)
PENGERTIAN SAHAM, FRAKSI HARGA SAHAM & MEKANISME PERDAGANGAN
Bursa Saham mencerminkan kemajuan perekonomian suatu negara. Dan berperan sebagai media untuk mempertemukan berbagai pihak yang saling membutuhkan antara Perusahaan, Investor dan Negara. Dengan demikian pemerataan pendapatan masyarakat semakin meingkat, seiring pula dengan semakain baik perekonomian suatu negara.

Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi pertumbuan ekonomi yang sangat bagus, kemajuan industry yang cepat, maka dari itu bursa saham Indonesia sangat menarik bagi masyarakat untuk mulai berinvestasi di pasar modal Indonesia.

SAATNYA MELIRIK BSDE

0 komentar:

Post a Comment